twitter
Photobucket

Blog ini adalah blog kedua saya, semoga isi dari blog ini bermanfaat, kamu bisa cari posting berdasarkan kategori seperti Entertainment, Ensiklopedia, Design, dan All about Japan. Setelah terlihat beberapa postingan jangan langsung dibaca, klik dulu link "Read More..." di bawah setiap postingan. selamat membaca... XOXO

Tahun Baru-an A'la Orang Jepang


Orang Jepang memang kaya akan budaya, mereka juga memiliki tradisi sendiri dalam perayaan tahun baru, nah ini adalah salah satunya :





Ternyata ada beberapa kegiatan lagi yang orang Jepang lakukan untuk memperingati hal-hal yang pertama di tahun baru, seperti:
~shigoto-hajime (仕事始め, pekerjaan pertama),
~keiko-hajime (稽古始め, the first practice of the new year),
~hatsu-yume (初夢, mimpi pertama),
~waraizome (senyum pertama, mengawali tahun baru dengan tersenyum diharapkan akan memberikan kebaikan di sepanjang tahun). Banyak juga ya, hal-hal yang pertama diperingati.

Di Jepang juga punya kebiasaan membagi uang ampaw ke anak" di tahun baru, namanya otoshidama (お年玉). Selain itu, ada juga kebiasaan mengirimkan kartu pos tahun baru (年賀状, nengajō). Para ibu biasanya juga membuat masakan khas tahun baru (osechi-ryouri お節料理, ozōni お雑煮).

kadomatsu
Menjelang tahun baru, di pintu-pintu depan rumah akan dipasang suatu dekorasi tahun baru khas Jepang yg terbuat dari bambu dan pinus, namanya kadomatsu (門松), yang bertujuan agar di tahun tersebut Tuhan datang ke rumah dengan harapan di tahun itu orang-orang di dalam rumah diberi kebahagiaan dan kemakmuran.


Dua minggu kemudian, di Hachiman jinja, kuil terbesar di Sendai, diadakan acara Dontosai (bonfire festival). Masyarakat akan membakar kadomatsunya dan berharap diberi kesehatan yang baik di tahun yang baru.

panjang banget antriannya

kalo kita yang antri pasti udah acak"an karna gak sabaran

Oh iya, tidak ketinggalan untuk urusan shopping, di sini toko-toko mengadakan sale gede"an menyambut tahun baru, namanya hatsuuri (初売り, penjualan pertama). Siap" nih, buat yang mau borong. karena diskon biasanya sampai 85% dari harga asli. tapi biasanya cuman ada di di kota Sendai dan Sasebo.Kalau di kota lain ada juga even serupa namanya Fukubukuro. Banyak antrian, semua menenteng belanjaan hatsuuri
Warga Sendai baik orang Jepang maupun orang asing sangat antusias ikut hatsuuri. Bahkan orang Sendai yang sekolah atau kerja diluar Sendai menyempatkan diri pulang kampung untuk ikut hatsuuri. Walaupun hatsuuri diadakan bulan Januari saat musim dingin bersalju tidak mengurangi semangat ikut antri. Biasanya mulai antri dari tanggal 1 jam 7 malam dan toko baru buka tanggal 2 jam 7 pagi. Untuk mengurangi rasa dingin banyak yang membawa perlengkapan kemah lengkap dengan perbekalannya .

akhir kata = shinnen akemashite o-medetō-gozaimasu = Happiness to you on the dawn of a New Year

0 komentar:

Posting Komentar